.

.

.

Senin, 12 Agustus 2019

Menangkan Lomba Desa Tingkat Nasional, Kades Sorowako Diundang ke Istana Merdeka

Kades Sorowako, Jihadin Peruge

Jihadin Peruge : “Desa Kami Juga Mendapat Uang Pembinaan Sebanyak Rp 1 Milliar”

LUTIM, Tabloid SAR – Desa Sorowako, Kecamatan Nuha, Kabupaten Luwu Timur (Lutim), Sulawesi Selatan (Sulsel), berhasil meraih juara pada Lomba Desa Tingkat Nasional Tahun 2019.

Kepala Desa (Kades) Sorowako, Jihadin Peruge mengatakan, desanya berhasil meraih juara tersebut, berkat adanya berbagai macam inovasi yang dilakukan selama ini membawa dampak positif baik terhadap desanya maupun bagi masyarakatnya.

“Inovasi itu meliputi, pelayanan malam, pelayanan ke dusun-dusun, transparansi kegiatan, Sorowako kampung mengaji, pemanfaatan dana desa untuk pembangunan dan inovasi kegiatan BumDes, serta gerakan Ayo BeiBeh_Berani Bersih Hebat Lingkungan Pesisir,” kata Jihadin saat dikonfirmasi sejumlah awak media, Senin (12/08/2019).

Selain itu, Jihadin menerangkan, atas prestasi itu pihaknya selaku Kades Sorowako bersama istrinya sebagai Ketua Tim Penggerak PKK Desa Sorowako, dan Ketua BPD Sorowako diundang ke Jakarta.

“Karena prestasi itu, kami bertiga diundang untuk menghadiri upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-74 di Istana Merdeka Jakarta pada tanggal 17 Agustus 2019 mendatang,” terangnya.

Lebih lanjut, Kades Sorowako menyebutkan, desanya juga berhasil mendapatkan uang pembinaan senilai Rp 1 milliar.

“Sebagai juara pada Lomba Desa Tingkat Nasional, desa kami juga mendapat uang pembinaan sebanyak Rp 1 milliar,” sebutnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Lutim, Halsen menjelaskan, pada bulan Juli 2019 lalu, Desa Sorowako mewakili Lutim pada Lomba Desa Tingkat Sulsel.

“Semua desa yang ikut pada Lomba Desa Tingkat Sulsel adalah desa yang berhasil menjadi Juara 1 pada Lomba Desa Tingkat Kabupaten,” jelas Halsen.

“Sejumlah aspek menjadi indikator penilaian dalam lomba ini, bukan hanya inovasi desa saja. Tapi juga aspek yang meliputi bidang pemerintahan, bidang pembangunan dan bidang pelayanan kemasyarakatan,” kuncinya.

Editor : William Marthom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.

.