.

.

.

Minggu, 25 Agustus 2019

Peringati HUT Ke-74 RI, MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Luwu Buka Jalur Timur Latimojong untuk Dorong Wisata Trekking

Ketua MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Luwu, Ahkam Basmin

LUWU, Tabloid SAR – Saat ini trend pendakian gunung yang semakin digandrungi, kalangan muda-mudi. Tak jarang pula aktifitas mendaki gunung bermuara pada ajang eksistensi, demi mengekspresikan sensasi petualangan di atas puncak-puncak bukit yang berhasil ditaklukkan untuk menikmati keindahan panorama alam pengunungan sejauh mata memandang.

Apalagi kemajuan jaringan internet yang telah menembus ruang dan waktu. Tentunya menjadi suatu kebanggaan bagi kaula muda saat menunjukkan dan mengabadikan eksistensinya di jagat media sosial sebagai wisatawan tracker (wisata penjelajah-red).

Untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-74 Republik Indonesia (RI), sehingga Majelis Pimpinan Cabang Pemuda Pancasila Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan (Sulsel), berniat membuka jalur tracking (trekking/petualangan/penjelajahan) ke puncak tertinggi Pegunungan Latimojong yang biasa disebut puncak Rante Mario dengan ketinggian 3.378 mdpl itu.

Hal itu dilakukan, tak lain untuk mondorong wisata trekking melalui jalur timur pada puncak gunung tertinggi di Pulau Sulawesi ini yang juga dikenal sebagai salah satu seven summit di Indonesia.

Saat ini semakin digandrungi untuk didaki oleh kaula muda yang hobby berwisata trekking dari berbagai penjuruh Indonesia.

Pasalnya, jalur pendakian ke puncak Gunung Rante Mario selama ini hanya melalui jalur barat dengan mengambil titik star dari Karangan, Kecamatan Baraka, Kabupaten Enrekang, Sulsel.

Ketua MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Luwu, Ahkam Basmin memimpin langsung rombongannya yang terdiri sekitar 250-an anak muda, guna melakukan ekspedisi pendakian ke puncak Rante Mario tersebut.

Rombongan ini dilepas langsung oleh Bupati Luwu, H Basmin Mattayang pada Selasa 13 Agustus 2019 siang di halaman Kantor Bupati Luwu di Belopa Ibukota Kabupaten Luwu. Dari Belopa mereka naik kendaraan bermotor menuju Desa Tolajuk, Kecamatan Latimojong, Kabupaten Luwu.

Desa Tolajuk akan dijadikan sebagai titik star keberangkatan pada Rabu 14 Agustus 2019 dalam mengawali pendakian mereka (berjalan kaki) menerobos hutan belantara dan tebing-tebing curam menuju puncak Gunung Rante Mario tersebut.

Mereka tiba pada puncak tertinggi di atas Pegunungan Latimojong, Sabtu 17 Agustus 2019. Sekaligus mengibarkan Sangsaka Merah Putih, pertanda sebagai puncak peringatan HUT Ke-74 RI pada salah satu seven summit di Indonesia ini.

Arkam Basmin yang akrab disapa Ancong itu, saat bersiap-siap menunaikan ibadah Shalat Jumat, 13 Agustus 2019, sebelum melakukan ekspedisi pendakian tersebut, pada wartawan media ini mengharapan doa restu, agar tiba selamat di puncak Gunung Rante Mario dan juga dapat kembali dengan selamat.

Adapun kegiatan ini, kata Ancong, selain untuk memperingati detik-detik proklamasi kemerdekaan HUT Ke-74 RI di puncak tertinggi di Pegunungan Latimojong tersebut. Tentunya juga untuk membuka jalur pendakian baru pada puncak gunung tersebut di Desa Tolajuk, Kecamatan Latimojong.

“Ini akan kita jadikan sebagai jalur timur, untuk mendorong wisata pendakian ke Gunung Latimojong tersebut. Karena sangat berpotensi sebagai jalur baru pengembangan wisata trekking,” tutur salah satu putra Bupati Luwu itu.

Lalu Ancong menambahkan, selama inikan hanya Kecamatan Baraka di Enrekang pada bagian barat Pegunungan Latimojong itu yang selalu dijadikan sebagai jalur pendakian oleh kalangan pencinta alam.

“Itu merupakan potensi wisata yang harus kita tangkap, sehingga kita membuka jalur timur melalui Desa Tolajuk tersebut,” ucap Kabid Mutasi BKPSDM Kabupaten Luwu itu.

Untuk diketahui, jalur timur pendakian Pegungungan Latimojong melalui Kabupaten Luwu di Desa Tolajuk tersebut, lebih banyak memberikan pilihan bagi pencinta wisata trecking untuk dapat memilih sejumlah puncak gunung yang tak kalah eksotisnya pada jejeran pegunungan itu.

Diantaranya, puncak Gunung Latimojong sendiri  dengan ketinggian 2800 mdpl, puncak Pantealoan 2500 mdpl, puncak Rante Kambola 3083 mdpl, puncak Nenemori 3397 mdpl, puncak Sikolong 2754 mdpl dan puncak Bajaja 2700 mdpl, serta sejumlah puncak gunung lainnya.

Sedangkan puncak Gunung Sinaji dengan ketinggian 2430 mdpl, untuk jalur timur melalui Kabupaten Luwu, lebih tepat mengambil titik star dari Kecamatan Basse Sangtempe (Bastem) baik itu dari Desa Langi’ maupun Desa Andulan atau melalui Desa Sinaji.

Penulis   : Ories
Editor     : William Marthom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.

.