.

.

.

Senin, 12 Agustus 2019

Setelah Jadi Pangdam XVI Pattimura Mayjen TNI Marga Taufiq, Berkunjung ke Luwu

Bupati Luwu, H. Basmin Mattayang (kiri) duduk berdampingan dengan Pangdam XVI Pattimura, Mayjen TNI Dr. Marga Taufiq SH MH dalam acara prosesi penyambutan di rumah kediaman Bupati Luwu di Desa Buntu Mata'bing, Kecamatan Larompong, Kabupaten Luwu, Senin (12/08/2019)

 Mayjen TNI Dr. Marga Taufiq SH, MH : “Saya Begini Karena Nasehat Bupati Luwu”

LUWU, Tabloid SAR – Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XVI Pattimura, Mayjen TNI Dr. Marga Taufik, SH, MH, bersama jajarannya berkunjung ke Tana Luwu.

Mayjen TNI, Marga Taufik baru kali ini kembali berkunjung ke tana kelahiran leluhurnya di Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan (Sulsel), sejak dirinya dilantik sebagai Pangdam XVI/Pattimura mulai tahun 2018 lalu.

Kali ini, Putra Luwu berpangkat dua bintang tersebut, berkunjung ke rumah kediaman Bupati Luwu, H. Basmin Mattayang di Desa Buntu Mata’bing, Kecamatan Larompong, Kabupaten Luwu, Senin (12/08/2019).

Menariknya, Mayjen TNI Marga Taufik di sela-sela kunjungannya beserta rombongan di kediaman Bupati Luwu mengatakan, pencapaian pangkat dan jabatan yang berhasil diraihnya saat ini tidak lepas dari nasehat Bupati Luwu, Basmin Mattayang.

“Saya sangat akrab dengan rumah ini dan para penghuninya. Dulu sebelum berangkat ke Makassar, saya ingat di tempat ini, saya dinasehati sama pak bupati. Beliau mengatakan, saya tidak menginginkan adinda jadi bupati, tetapi jadilah seorang jenderal. Nasehat itu langsung saya aminkan,” kenang Mayjen TNI Marga Taufik.

“Dan Alhamdulillah saat ini, saya hadir kembali ditempat ini dengan pangkat dua bintang di pundak. Terima kasih pak bupati atas segala nasehatnya,” tambah mantan Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad tersebut.
Pangdam XVI Pattimura, Mayjen TNI Dr. Marga Taufiq SH MH (tengah) foto bersama dengan sejumlah pejabat eselon lingkup Pemkab Luwu saat berkunjung di rumah kediaman Bupati Luwu di Desa Buntu Mata'bing, Kecamatan Larompong, Kabupaten Luwu, Senin (12/08/2019)
Selain itu, alumni Akademi Militer (Akmil) Tahun 1987 ini mengisahkan, selama menjalankan aktivitasnya di bidang militer, dirinya banyak terinspirasi dari buku-buku karya Bupati Luwu.

“Di mana seorang guru bisa menjadi bupati. Dari situlah saya sering terinspirasi untuk lebih mengembangkan karier di bidang militer,” kata Mayjen TNI Marga Taufik.

Dulu setelah menjabat sebagai Dandim 1403 Sawerigading Palopo, kata Marga Taufik, kemudian saya ditugaskan menjadi Dandim 1408 BS Makassar, ada beberapa teman saya yang pesimis jika orang Luwu tidak akan mampu menjalankan tugasnya dengan baik sebagai Dandim 1408 BS Makassar.

“Tetapi dengan tekad dan semangat yang kuat,  bahwa untuk menjadi seorang jenderal maka tugas itu, harus mampu saya jalani. Dan Alhamdulillah, saya menjadi orang Luwu yang pertama kali berhasil menjadi Dandim ke 40 di Kodim 1408 BS Makassar,” ujar mantan Danrem 132 Tadulako ini.

Sementara itu, Bupati Luwu, Basmin Mattayang yang telah menganggap, Mayjen TNI Marga Taufiq sebagai adiknya, merasa haru dan bahagia atas kunjungan Pangdam XVI Pattimura itu bersama rombongannya.

“Pak jenderal yang saya banggakan. Saya sangat terharu sekaligus bahagia. Bangga kami, pemerintah dan seluruh jajarannya bahkan seluruh lapisan masyarakat atas kunjungan pak jenderal ke Tanah Luwu ini,” kata Basmin menyambut mantan Kasdam II Sriwijaya tersebut.

Orang nomor satu di lingkup Pemkab Luwu ini menambahkan, jika seandainya waktu kunjungannya tidak begitu mendadak, sebenarnya banyak orang dan keluarga yang mau ketemu dengan pak jenderal.

“Mereka sangat rindu dan ingin bertemu dengan satu-satunya putra kebanggaan masyarakat dari Tana Luwu yang telah menjadi seorang Mayor Jenderal,” ungkap Basmin.
Pangdam XVI Pattimura, Mayjen TNI Dr. Marga Taufiq SH MH foto bersama sanak keluarganya saat berkunjung di rumah kediaman Bupati Luwu di Desa Buntu Mata'bing, Kecamatan Larompong, Kabupaten Luwu, Senin (12/08/2019)
Dalam kunjungan ini, sejumlah perwira militer dari Kodam XVI Pattimura ikut mendampingi Pangdam XVI Pattimura Mayjen TNI Marga Taufik, yakni Kabintaldam XVI Pattimura Kolonel Inf Abd. Hanis, Aspers Dam XVI Pattimura Kolonel Arm Dwi, Dandimtabes Ambon Dam XVI Pattimura Letkol Kav Cecep Tendi.

Selain itu, hadir pula, Ketua DPRD Luwu Andi Abdul Muharrir, Dandim 1403 Sawerigading Palopo Letkol Inf M Imasfy, Kapolres Luwu AKBP Dwi Santoso, Pabung Luwu Mayor Arm Syafaruddin, serta para Kepala OPD lingkup Pemkab Luwu dan para camat se-Kabupaten Luwu.

Untuk diketahui, setelah selesai menjalani pendidikan di Akademi Militer tahun 1987, Marga Taufik mulai menduduki sejumlah jabatan strategis di dunia kemiliteran di Indonesia, diantarannya Dandim 1403 Sawerigading Palopo (2004), Dandim 1408 BS Makassar (2006), Danrem 132 Tadulako (2012), Pamen Mabesad Dik Lemhannas (2013), Waaster Kasad (2015), Kasdam II Sriwijaya (2016) dan Pangdivif 2 Kostrad (2018), kemudian menjabat sebagai Pangdam XVI Pattimura (2018 hingga sekarang).

Kodam XVI Pattimura merupakan Komando Kewilayahan Pertahanan Militer TNI yang meliputi dua provinsi, yakni Maluku Utara dan Maluku. Dua provinsi tersebut, terdiri dari 20 wilayah kabupaten/kota. Provinsi Maluku Utara terdiri dari 9 kabupaten/kota, sedangkan Provinsi Maluku 11 kabupaten/kota.

Editor : William Marthom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.

.